Thursday, February 26, 2009

Bandung: Indonesian Cuisine

Jadi begini nih. Seperti yang diketahui khalayak banyak, gw memang tinggal di amerika. Tapi spesifiknya, gak ada yang tau. Gw yakin guru geografi juga kagak pernah denger kota tempat gw tinggal sekarang.

Namanya Pewaukee, country sidenya amerika. Klo lo sering liat di pilem-pilem gimana luxurynya hollywood, nah pewaukee ini jauh dari kesan itu. Mau liat sapi ama kuda, nah itu ada tuh di sini.

Anyway, gw bukan mau ngomongin Pewaukee. Gak nyambung sama judulnya soalnya. Yang mau gw omongin adalah restoran Indonesia terdekat dari Pewaukee. Tepatnya ada di kota Madison. Masih di state Wisconsin, tapi sekitar 1 hour drive ke barat klo dari Pewaukee.

Namanya Bandung: Indonesian Cuisine. Ini situsnya, http://www.bandungrestaurant.com/

Ngeliat menunya, jelas gw ngiler pengen kesana tiap hari. Sesampai disana, kita pada heboh banget. Milihnya gak boleh samaan biar bisa icip-icip yang laen.

Tapi ternyata oh ternyata, rasanya gak sehebat yang gw kira. Well, it wasn't bad, tapi klo di compare sama buatan indo asli, menurut gw rasanya lumayan jauh beda.

Dan worst of all, harganya. Bisa gila klo lo translate ke rupiah. Pake dollar aja masi makan ati bayarnya.

Nih beberapa menunya.

Appetizers gw kasi 3 contoh aja (Mereka nulis nama menunya beneran pake bahasa indo)
1. Tahu isi (2). Lightly battered fresf tofu stuffed with chicken, mung bean noodles, carrot, green onion and bamboo shoots. ($3.00)

*Tahu isi 2 biji 30 reban. Itu sih bisa ngeborong gorengan sampe bawa pulang abang-abangnya.

2. Krupuk bawang putih. Tapioca flour garlic chips ($1.00)

*Gw gak tau berapa banyak. Tapi ceban men. Bisa buat seminggu itu sih harusnya

3. Acar. Cucumber and carrot in a sweet and sour vinegar dressing. ($3.00)

*Acar ama tukang nasi goreng di kasi gratis. Di sini 30 reban



Entree gw kasi contoh 3 juga nih
1. Capcay Goreng. Shrimp and chicken with carrot, broccoli, mushroom, cauliflower, onion and bean sprouts in a light garlic sauce. ($7.00 Lunch, $13.00 Dinner)

*Capcay sampe 130 reban. Pembantu gw bisa ngalahin gaji direktur klo di suruh jual capcay di sini tiap hari.

2. Daging Rendang. Beef tenderloin and red potato marinated in Indonesian spices and lemon grass accompanied with steamed broccoli. ($7.00 Lunch, $13.00 Dinner)

*Gw kayanya mending belajar bikin rendang daripada kuliah IT kayanya.

3. Soto Ayam. Slices of chicken, bean sprouts, green onion, egg and mung bean noodle in a smooth lemon grass flavored broth. ($7.00 Lunch, $10.00 Dinner)

*Di talang, soto ayam cuman goceng, jauuuuhhhhh lebih enak.

Dessertnya gak begitu Indonesia menurut gw. Gw pikir bakal ada cincau atau cendol gitu, eh ini malah cheesecake. Waktu itu gw cuman pesen mpek-mpek sama sate kambing. Karena emang udah ngidam begituan, walaupun bayarnya makan ati banget.

Tapi, mungkin itu emang di targetin buat bule-bule. Soalnya pas gw kesana, gak ada rombongan indo yang laen. Makanya harganya di pasin, dan pedesnya gak begitu kerasa.

Oh well, paling nggak Indonesia "berbicara" lah di Madison.


*Oh gw mau update keadaan si mobil. Rupanya rusaknya lebih parah dari yang dikira, dan biaya ngebenerinnya over one thousand. T_T

5 comments:

nadira said...

hahah.
yaudah ndiik,
lo ga usah kuliah it,
jualan ajaa,
bakso gituu.
atauuuu..
uummm..
*berpikir makanan yang sangat indonesia*

gado-gado!

lo jual aje berapa puluh dollar gitu.
hihihihi.

unknown said...

gado-gado ada loh nadh. harganya 7 dollar klo lunch, 10 dollar klo dinner @_@

nadira said...

yaudah,
gudeg ajaa.
ga mungkin ada kaann?
;)

The Bitch said...

jangan lupa pulang mbangun negara lo yg brantakan ini kalo udah slesai sekolah di luar negeri.

itu juga kalo masih ada sedikitttt rasa 'pramoedya ananta toer' di hati lo.


(=

Unknown said...

brapa jauh ke pelabuhan terdekat.aku mo beli mesin dari pewaukee.