Wednesday, February 18, 2009

Believe = hope

Klo gw inget lagi masa-masa gw dulu lulus sma, kayanya tingkat keoptimisan gw tinggi banget. Walaupun kecewa karena mesti ninggalin Jakarta dan seisinya, tapi ternyata gw ngambil langkah tepat. Sesampai di sini, gw makin optimis sama rencana gw yang well planned.

Waktu itu gw bilang sama orang tua gw. Intinya gw bilang, desember lulus, kerja setaun, menurut statistik harusnya bisa dapet sangat sangat lebih dari cukup untuk nerusin kuliah 2 taun lagi, dan sisanya bisa gw pake buat beli mobil biar masalah transportasi bisa beres. Better yet, gw malah bisa bantu biaya sekolah ade gw.

Oh well, manusia bisa berencana. Tapi ujungnya yang di Atas yang nentuin. Siapa yang nyangka negara sepowerful amerika bisa kena krismon juga? All of the sudden semuanya jadi susah. Dalam kurang lebih setahun terakhir, udah lebih dari 5 juta orang di amerika keilangan pekerjaan. Parahnya lagi, di bulan januari aja, udah lebih dari 500 ribu yang keilangan pekerjaan. Titik unemployment sedang lagi ada di titik yang tinggi-tingginya. Jangankan gw yang cuman pendatang, orang-orang yang tadinya idup mapan di amerika pun mulai kesusahan karena stock yang mereka pasang di perusahaan-perusahaan turun drastis nilainya.

Gw pun mulai pesimis. Gw pikir gw gak di batesin waktunya untuk nyari kerja. Ternyata terbatas sampai 3 bulan dari waktu kelulusan, which means, the end of March. Gak dapet kerja, means I'm out. Gw mesti cabut dari US. Dan udah 1 setengah bulan gw gak dapet panggilan. Orang-orang yang punya ijazah S1 aja kesusahan dapet kerja, apalagi gw yang cuman associate.

Gw pun mulai nyerah pelan-pelan. Kadang gw nanyain gimana peluang kerja di Indo sama temen-temen gw. Orang tua gw bukan orang penting di indonesia, jadi gak ada tuh yang namanya gw bisa nyari kerja lewat koneksi.

Dan saat gw udah mulai pasrah, tiba-tiba, temen gw kirim email kemaren. Katanya ada beberapa perusahaan yang interested untuk diskusi sama gw masalah kerjaan. Better yet, gw di "mintai" tolong sama dosen yang pernah ngajar gw dulu untuk jadi pengganti sementara dia. Yah emang cuman 2 hari sih, tapi tetep aja. Gw punya pekerjaan kan berarti? Which means, gw bisa stay longer di sini. Yang berarti juga, gw punya waktu lebih lama untuk cari kerja.

Suddenly, everything seems so clear. Gw berasa di kasi batu kecil untuk bikin jembatan. Memang berat, tapi paling nggak, ada awalnya. Resume gw pun bisa semakin menjual. Bayangin aja, gw baru lulus dari kampus itu gak sampe 3 bulan, dan sekarang di suruh ngajar sementara di situ. Gw emang gak pernah punya cita-cita buat jadi guru, tapi for now, gw harus ambil apa pun yang ada, sekalipun gw gak suka ngejalaninnya.

Memang bener kata temen gw waktu itu, "Seeing is believing, so believing is the only way to see it"

Klo kita aja udah gak percaya, gimana harapannya mau dateng, hehe..

1 comment:

nadira said...

yaa.
semoga jalan saya juga dipermudah.

biar rencana semuanya bisa berjalan stick with plan..
amin.
:)