Saturday, August 9, 2008

Yang kaya, kaya. Yang miskin, miskin

Ada artikel tentang application di iPhone. Saya coba terjemahin yah.

Aplikasi $1000 di apple's app store, yang mana memberi tahu orang lain betapa kayanya kamu dengan membeli aplikasi ini, telah di berhentikan tanpa penjelasan yang jelas. Ini membuat para developer bertanya mengapa Apple membuat aplikasi ini.

Aplikasi "I am rich" yang di buat Armin Heinrich, seorang pembuat software dari jerman, tidak berfungsi apa-apa. Aplikasi ini hanya menampilkan gambar batu ruby merah di layar iPod. Setelah aplikasi ini disetujui untuk dihargai $1000, Apple memberhentikan aplikasi ini pada minggu ini (08/08/08). Delapan orang membeli aplikasi tidak berguna ini, yang akhirnya membuat Heinrich menerima $5600 dan Apple menerima $2400.

Heinrich menyatakan bahwa dia sendiri tidak tahu mengapa Apple memberhentikan aplikasi ini. Padahal aplikasi ini sama sekali tidak melanggar undang-undang yang berlaku.

Link selengkapnya


Ini si Heinrich yang bego, Apple yang keabisan ide atau emang ada 8 orang gila yang gak tau cara ngegunain $1000? oh btw, 8 orang ini emang orang yang pengen beli aplikasi ini. Mereka bukan termasuk golongan yang gak sengaja mencet tombol "buy."

Tapi ntar dulu. Ini bukannya sama aja kaya perhiasan berlian ya? Atau barang-barang mahal yang lainnya? Orang beli kalung emas buat apaan? Gw rasa 99.99% dari orang tersebut, paling nggak di hati kecilnya ada tersirat maksud "eh gw sanggup dong beli emas." Gimana sama orang yang belanja tas, baju, sepatu, dll yang harganya cukup untuk nyekolahin gw sampe dapet bachelor? Inget oy, emas gak di bawa mati.

Eh tapi gak salah juga sih. Itu kan duit mereka. Jadi terserah mereka ya buat di apain. Asal inget aja tu 2.5% bukan punya mereka. Tapi utang mereka ke kaum miskin. Nah yang 97.5% nya terserah deh mau di apain.

Tapi kayanya emang orang tuh punya tendency untuk memperbesar pengeluaran pas pemasukannya membesar. Gini deh. Andai gaji lo cuman sejuta sebulan. Apa lo bakal makan hura-hura ke cafe dan semacemnya? Nggak kan. Paling cuman makan nasi goreng pinggir jalan, klo gak masak di rumah. Nah, andai gaji lo berubah jadi seratus juta sebulan, apa lo bakal tetep makan nasi goreng pinggir jalan? Most likely not. Well, gak semua orang sih. Tapi mostly sih nggak kayanya. Padahal kan dah kebukti klo kita tetep bisa idup dengan pemasukan yang cuman sejuta itu. Yah walaupun pas-pasan kan tetep bisa ya.

Ah tapi kaya yang gw bilang tadilah. Gak apa-apa lah. Uang-uang mereka ini. Kan tiap orang punya cita-cita ya. Gw sendiri juga suka gitu koq. Bisa makan di rumah tapi kadang makan ke restoran juga. Selama itu gak berlebihan gw rasa itu malah jadi sesuatu yang baik koq.


*Tapi masalah iPhone ini dah kebangetan klo menurut gw*

2 comments:

Anonymous said...

eh serius ada aplikasi gitu?
ihh lucu amaaat.
hehe.

anw,
mau langsung borongan komen.
:D

kalo buat perhiasan, atau emas, atau berlian, *itu lah pokoknya*,
itu namanya investasi ndiiik,
jangan sinis gituu dongs.
beli emas sebenernya sama aja kayak nabung pake sistem apa namanya? yang cuma bisa diambil dalam jangka waktu tertentu ituu lohh. ahh itu lah pokoknya.
helpful kan?

2.5% cuma muslim yang kenal honey... lo ga bisa menyamaratakan gitu dooongs :P

lanjuut,
andai gaji gw jadi berubah,
gw kayaknya bakal tetep makan nasigoreng murah *di jogja kan murah semuaa. hehe!*,
tapi lebih memperbesar anggaran belanja baju, sepatu, dan segala pernakpernik ga penting itu laah. hehe.
;)

**lo sinis bangeet sii, gw kan jadi ga tahan buat komentar. hehe.

unknown said...

oh iya. waktu itu cuman kepake emosi. lo bener. gw gak ngeliat sisi investasi dari emas. tapi gak semuanya kan mikir kaya gitu?

iya sih. itu cuman muslim yang kenal. tapi 2.5% itu apa sih? sama sekali gak banyak. itu kan cuman perbandingan doang. 2.5% yang kecil aja mesti di sumbangin dong. apalagi klo yang punya pemasukan berlebih.

hehehe..
iya sih. kan gw juga dah bilang. pemasukan itu kan hasil jerih payah mereka sendiri. jadi ya emang terserah mereka mau dibuat apaan.