Saturday, August 9, 2008

Kritik buat Hilman

Pertama-tama, saya mau ngasi kabar dulu ke para pembaca yang setia kalau saya sudah sampai dengan selamat di US. Jadi, cerita Visit Indonesia 2008 officially tamat.

Seperti para pembaca yang setia ketahui, saya itu penggemar berat Lupus. Bukan. Bukan cerita tentang cewe meksiko miskin yang akhirnya kawin ama orang kaya itu. Klo itu sih serial tv marimar. (Sumpah, ini gw liat wikipedia, gw gak ngikutin pilemnya). Anyway, Lupus itu salah satu novel remaja jaman dulu karangan Hilman Hariwijaya. Gw termasuk ajaib karena kehidupan yang di ceritain di cerita Lupus itu, ya kehidupan anak sma sekitar taun 80an mungkin. Eh, tapi nggak juga deh. Ada banyak anak seumuran gw yang demen Lupus juga.

Yah, berhubung gw ngefans, jadilah semua buku Lupus itu dah gw baca. Dari buku pertamanya yang judulnya "tangkaplah daku, kau kujitak", sampe yang terakhir gw baca "Cinta seorang seleb".

tangkaplah daku, kau kujitak

7 buku terakhirnya itu, bisa dibilang udah ke jaman modern. Dari "Boys don't cry", "Bunga untuk Poppi", "Candlelight dinner", "Boneka di taman sekolah", "Pe De", "PDKT" sama yang terakhir tadi "Cinta seorang seleb". Gaya bahasanya agak beda sama buku-bukunya yang terdahulu. Tapi semua tokohnya, masih punya karakter yang mereka miliki dari buku-buku yang dulu itu. Yah palingan bedanya ya ada tokoh-tokoh baru, yang lama ilang, dll.

Sekitar taun lalu, akhirnya Hilman ngeluarin buku Lupus lagi. Dinamain Lupus returns, karena dia berencana pengen "ngidupin" Lupus lagi setelah sekian lama bukunya gak terbit. Yang baru ini judulnya "Cewe junkies". Nah, taun lalu itu, saya udah berada di US. Jadinya saya gak bisa baca tu buku, sampe akhirnya saya pulang ke Indo 2 bulan yang lalu.



Waktu saya mau beli, temen saya dah ngingetin klo buku yang baru ini lumayan beda sama buku yang dulu. Buku yang baru ini sinetron banget. Semacem teenlit yang norak itu jadinya. Jadi siap-siap kecewa deh. Begitu kira-kira kata temen saya itu. Though, tu buku akhirnya gw beli juga.

Selesai baca tu buku, ternyata temen saya bener. Lupus udah beda. Di buku itu emang ada pemberitahuan dari Hilmannya sendiri klo dia pengen Lupus untuk menyesuaikan jaman. Malah rambut jambulnya hampir di ilangin!!

Sekarang saya mau ngebahas karakternya satu-satu dan apa aja yang berubah dari mereka. Pertama Lupus. Lupus jadi norak. Jadi emosian. Di buku ini kayanya di gambarin betapa jeleknya muka lupus, makanya dia bisa dibilang gak laku. Padahal dari buku-buku lupus yang dulu, emang lupus itu mukanya pas-pasan. Tapi yang bikin Poppy, Mila, Trixie, Happy, Phia, dll suka ama dia ya karena sifatnya. Kepolosannya, kejujurannya, kebaikannya, kelucuannya, easy going. Lupus pun jadi payah di tebak-tebakan. Padahal lupus itu identik sama tebak-tebakannya. Trus ada part yang ngegambarin betapa romantisnya lupus. Padahal gw inget banget di cerita yang dulu, saking polosnya, lupus pernah gak sengaja ninggalin poppy abis nonton bioskop karena dia gak biasa jalan berdua sama cewe. Oh iya, permen karet pun sama sekali gak di singgung di sini. Padahal lupus yang dulu bakal ngulum permen karet sampe rasanya abis, trus di tempelin sembarangan.

Kedua Boim. Boim jadi aneh. Punya henpon, berkata bijak, bisa jalan sama beberapa cewe. Itu sama sekali bukan Boim. Boim harusnya kere, kata-kata cuman ngutip komik, dan selalu gagal ngajak jalan cewe. Klo pun berhasil, itu pasti ada cerita gagal-gagalnya dulu. Tapi di sini dia berhasil ngajak jalan cewe tanpa intro yang jelas.

Ketiga Gusur. Gusur ikutan modern. Kadang dia keceplosan gak pake daku-dikau. Gusur juga punya henpon. Sungguh bukan Gusur. Makan siomay aja ngutang, tinggal di daerah kumuh pinggir kali, tapi punya henpon?

Keempat Lulu. Well, ini satu-satunya yang gak berubah. Masih ngocol, masi di sukain cowo-cowo tapi tetep single, baik sama temen-temen lupus.

Trus sekilas ada Anto sama Adi (ini gw gak yakin klo ini adi darwis atau adi yang lain). Cuman sekilas jadi gw gak bisa nilai terlalu jauh. Tapi mereka pake joke modern yang sama sekali bukan joke ala buku lupus.

Terakhir Hilman sendiri sebagai penulis. Penyampaian sesuatu sering terkesan buru-buru. Jadi kesannya maksa. Kayanya Hilman kebanyakan nonton sinetron nih. Atau Hilman sengaja ngubah format jadi sinetron karena itu yang lagi marak di indonesia? Masa iya sampe ada adegan tonjok-tonjokkannya? Trus ada adegan yang cukup sensual untuk ukuran lupus jaman dulu. Padahal dulu, pas gusur diculik aja, penculiknya masih sempet ngelawak. Eh sekarang pacarnya lupus diculik, lupus dibuat babak belur. Jadinya lupus genrenya berubah. Udah bukan romance-comedy lagi. Lebih ke drama sama action mungkin.

Joke-jokenya pun gw jadi kurang suka. Terutama joke "capee deh" yang jadi banyak itu. Yang ntar jadi "sate deeh", "tape deeh", dll. That's not even funny for me. That's annoying. Gw lebih suka joke lupus yang original itu. Kaya pas dia bilang "Boim kuliah, pagi ngambil komputer, malem dihukum." Itu ratusan kali lebih lucu daripada joke "cape deh."

Jadiii,, untuk om hilman, semoga tidak tersinggung jika anda gak sengaja nemu postingan saya ini. Boleh lah lupus berkembang menjadi dewasa. Tapi yang kita rindukan (yah paling nggak saya) itu adalah sosok lupus yang dulu. Yang sopan, klo ngobrol masi pake saya-kamu. Yang sebenernya playboy. Yang suka maen jail-jailan sama Lulu. Yang sayang banget sama ibunya. Yang gak bisa pisah sama boim-gusur. Lupus yang gak pernah keabisan ide, dan tentunya, Lupus yang selalu menganggap hidup itu indah.

No comments: