Sunday, August 3, 2008

Visit Indonesia 2008. Part XII

There's no such thing as goodbye

Saya mulai tulisan ini pada tanggal 24 Juli jam 23.01. Berarti saya tinggal 70 jam 59 menit lagi berada di Jakarta tercinta ini. Walaupun saya udah memperpanjang tanggal kepulangan saya, ternyata emang masih kerasa cepet yah. Oh iya, klo para pembaca yang setia ngarepin cerita lucu di sini, mending tulisan ini jangan dibaca. Soalnya yang bakal ketulis disini kayanya sisi norak dari saya. Saya yang lagi sentimentil karena mau ninggalin Indonesia (lagi).

Dulu, waktu saya berangkat ninggalin Indonesia untuk pertama kalinya, saya pikir saya gak akan bisa punya temen disana. Saya pikir saya cuman bakal ngedekem aja di depan komputer ngarepin ada temen di Indo yang lagi online. Well, 3 minggu pertama saya di sana, kurang lebih saya emang kaya gitu. Pengen cepet-cepet tidur karena cuman di situ saya bisa ketemu semuanya. Pulang kuliah langsung baca buku pelajaran untuk nyibukkin diri. Tapi toh, saya gak bakal bisa selamanya kaya gitu. Get a life man!

Hasilnya? Well, semester pertama emang masih berat untuk saya. Mau kemana-mana susah karena gak ada alat transportasi pribadi, handphone gak punya, ngobrol masih malu-malu, dsb. Tapi as time goes by, itu semua berubah. Saya mulai deket sama sesama Indonesian di sana. Mulai gak peduli sama siapa aja yang lagi online. Worst of all, saya kadang gak sempet untuk nelpon orang tua saya yang mana selalu saya lakukan tiap sabtu malem. Saking senengnya saya main-main sama temen saya di sana, saya sampe lupa perasaan homesick saya di 3 minggu pertama dulu itu.

2 tahun berselang. Saya akhirnya ada kesempatan untuk pulang ke Indonesia setelah sekian lama. Kesempatan untuk ketemu keluarga, temen, sama orang-orang baru. Guess what? Minggu terakhir sebelum saya pulang, saya ngerasa sedih untuk ninggalin temen-temen saya di sana. Walaupun saya tau saya bakal balik lagi setelah sebulan di Indonesia, tapi tetep kerasa berat untuk ninggalin mereka semua. Sempet kepikir untuk buru-buru pulang dari Indonesia karena saya pengen bareng sama mereka terus. Makanya saya kurang begitu peduli begitu dapet tanggal pulang yang bisa dibilang cepet. Parahnya lagi, sesampai di Jepang (untuk transit) saya sempet agak gak rela pas bapak saya nelpon untuk bilang klo tanggal pulang bisa diperlama. Tapi sebagai anak yang baik (menurut saya), saya nurut aja sama orang tua. Itu pun belom pasti bisa diundur.

12 Juni 2008. Akhirnya saya bernapas di tengah polusinya kota Jakarta lagi. Yang mana gaya bicara saya keliatan beda jauh sama gaya bicara saya waktu SMA dulu. Ngeliat orang tua saya lagi setelah sekian lama. Menghirup asap rokok yang ada dimana-mana. Pusing liat jalanan macet. Banyak lah hal yang sangat frustrating.

Begitu dapet handphone, saya pun mulai menghubungi temen-temen saya. Hampir semua gak ada yang ngenalin gaya bicara saya yang emang jelas berubah jauh dari image saya dulu. Berawal dari ngobrol-ngobrol di telepon. Akhirnya saya mulai ketemu sama semuanya. Sebagian ada yang berubah, sebagian sama sekali gak berubah.

Cukup seminggu yang saya butuhin untuk ngelupain semua rasa kangen saya sama temen-temen saya di sana. Hampir tiap hari saya keluar rumah untuk ketemu sama temen-temen saya. Baik temen lama, ataupun temen baru yang cuman saya kenal lewat internet (semasa saya di amrik). Saya pun kembali ke kehidupan saya yang lama. Panas-panasan nunggu angkot, makan di pinggir jalan, duduk-duduk di foodcourt kelapa gading mal tanpa beli apa-apa, dll.

As time goes by (again), saya mulai gak rela untuk kehilangan semua yang udah saya dapet lagi. Sesuatu yang udah saya nanti selama 2 taun harus saya tinggalin lagi. Saya gak pengen balik lagi ke sana. Saya pengen tiap pagi, saya tidur lagi setelah solat subuh dan baru bangun sekitar jam 10an. Lalu pergi untuk ketemu temen. Maghrib mulai ada di rumah lagi. Makan malem bareng orangtua, dan akhirnya semaleman nonton sebelum akhirnya tidur jam 2 atau 3 pagi. Dan esoknya ngulang aktivitas yang sama.

Saya, emang keliatan tegar untuk ngehadepin semua ini. Tapi saya emang cuman manusia biasa. Punya rasa kangen. Punya sisi sentimentil yang sering saya bilang sisi norak. Emang bener, menurut pengalaman yang udah saya alamin sendiri, rasa kangen ini bakal ilang setelah 1-2 minggu saya di sana. Larut sama kesenengan saya di sana. Akhirnya "lupa" sama Indonesia. Tapi tetep aja berat yang namanya ngalamin perpisahan.

Temen saya pernah nanya apa saya udah ketemu semuanya. Jawaban saya ya jelas nggak. Gak bakal ada abisnya klo saya mau ketemu semuanya. Waktu 1 tahun juga gak bakal cukup kayanya. Makanya saya nyerah untuk mundurin tanggal pulang lagi setelah sebelumnya saya mundurin 2 minggu dari tanggal asli. Saya emang seneng di sini (Indonesia). Tapi saya juga punya kehidupan di sana (Amerika). Kehidupan yang menurut saya adalah masa depan saya. Perhaps, masa depan keluarga saya juga.

Teman saya yang lain juga pernah bilang klo dia gak pengen saya pergi ke sana lagi. Tapi di situ indahnya perpisahan. Seseorang akan kerasa lebih berarti klo dia susah ditemuin. Setiap pertemuan kita sama orang itu, jadi kerasa sangat penting. Bukan cuman asal ketemu tiap hari. Karena emang yang penting dari pertemuan itu kan kualitasnya. Bukan kuantitasnya.

Ada, satu orang, yang memang jumlah pertemuan saya ama dia itu gak bisa di bilang banyak. Tapi pertemuan itu emang luar biasa. Cukup untuk saya kenang sampe saya ketemu dia lagi suatu saat nanti.

Lagipula, saya sadarlah klo kita udah bukan anak SMA lagi. Well, gak bisa dibilang tua juga karena kita juga masih kuliah. The point is this, kita udah punya kesibukan masing-masing. Jadi, walaupun saya ada di Jakarta, itu bukan berarti kita bisa ketemu tiap saat. Malah, kadang saya pikir, saya lebih seneng kangen waktu saya di sana daripada di sini. Klo di sini, misalnya saya kangen sama temen saya, cara paling simple kan sms, itu juga gak jaminan langsung dibales. Nah klo di sana, ada teknologi yang namanya internet cepet. Klo saya lagi kangen, biasanya saya cuman buka-buka friendster. Klo dipikir kan sama aja kaya ngesms. Dibalesnya belom tentu. It's even better karena gw bisa liat photo mereka.

Sempet saya mikir, "coba gw gak pulang, gak mungkin gw ngerasa keilangan". Well, that's true. Andai gw gak jadi pulang ke Indo, gw gak usah lagi sedih-sedih untuk ninggalin Indo. Tapi gak gitu cara mainnya. Klo inget episode south park yang judulnya raisins, ini yang namanya beautiful sadness. Ada di salah satu postingan saya koq. "The only way I can feel this sad, is because I fell something really good before. It makes me alive. I know it sounds stupid, but it's like a beautiful sadness. You have to take the good with the bad."

Yo wis lah, bentar lagi saya pulang. Saya cukup seneng di kasi kesempatan ketemu orang-orang di sini. Kontrak slackers saya udah hampir abis. Back to the real life. Kuliah dan kerja. Saya bakal balik lagi koq ke Indonesia. Tapi mungkin agak lama. Tapi gak apa-apa lah. Justru makin lama saya ninggalin Indonesia, itu bakal ngebuat kunjungan saya ke Indonesia yang berikutnya jadi lebih berarti kan?

No comments: