Wednesday, September 17, 2008

hikmah pecel lele

Gw gak pernah sadar klo apa yang gw punya itu rejeki yang luar biasa mantepnya. Awalnya pas makan malem bareng temen-temen indo gw beberapa minggu lalu.

"Ah, air putih gak pernah seenak ini" kata gw pas buka puasa
"hehe.. iya, kita always take that for granted" jawab temen gw

Dari saat itu, gw mulai mikir seberapa banyak hal yang gak gw syukurin. Pertama, fisik gw sendiri. Gw pikir gw termasuk manusia kurang sehat. Makan banyak tapi gak gemuk-gemuk. Sampe akhirnya gw denger komen temen-temen gw

"gw kena debu dikit bisa sakit nih"

"cuacanya gak enak banget, gak bakalan sehat gw, pasti sakit"

"Klo minum kopi gw bisa migrain"

"Klo kurang minum ntar bisa sakit perut"

"ih kamar debuan koq bisa tidur? Klo saya sih udah batuk-batuk"

dll..dll..dll

Gw pun mulai sadar. Eh, gw sehat loh. Cukup beruntung gw gak alergi sama makanan apapun, kecuali babi hehe..

Kamar gw debuan, tapi toh gw Alhamdulillah kebiasa. Gak pake batuk-batuk.


Bukan itu doang, sampe idup susah pun, menurut gw termasuk kenikmatan. Gw jadi inget temen gw cuman ketawa-ketawa mupeng aja pas gw cerita masa sma gw. Yang pulang naek bis, makan pecel lele pinggir jalan, dll.

Temen gw termasuk orang yang berkecukupan. Kemana-mana naik mobil. Bagus memang, gw juga mau. Tapi gw cukup bersyukur gw pernah ngerasain yang namanya idup susah. Jadi ada ceritanya sendiri.

Orang-orang kaya itu, mana pernah mereka ngerasain ngangkot, makan pecel lele?

Sampe waktu itu, gw pernah komplen tentang pecel lele ke temen gw. "Pecel lele tu enak banget, sayang aja ikannya dagingnya dikit banget."

Temen gw jawab, "ya beli dua lah biar kenyang"

Gw sambil senyum ngomong dalem ati, "dude, you don't get it"
Terus gw bilang, "Klo kita ada duit banyak, ya kita makan di hoka hoka bento, hehehe.. Kita kan makan pecel lele soalnya kantongnya pas-pasan"

Temen gw cuman berujar, "Oohh.."

Jadi intinya, gw semakin yakin klo apa yang gw punya selama ini udah jauh lebih banyak dari yang dipunyain orang lain. Mungkin gak secara materi. Tapi secara kepuasan batin? Gw yakin gw kaya dalam hal itu.

Cheers,

No comments: