Tuesday, February 19, 2008

Pay It Forward

udah ada yang nonton film ini? bukan film baru sih. tapi saya nonton film ini baru-baru aja.
jadi ceritanya kan di sini mau pemilihan kandidat presiden ya, dan di kelas sosiologi, guru sosiologi saya bilang klo "one vote does matter". Soalnya kan banyak asumsi tuh klo orang-orang gak ngevote karena mereka mikir, "ah satu doang, gak ngaruh". Makanya tu guru tiba-tiba ngomongin masalah bginian.

Lalu, dia kasi contoh yang lain. Di US sini, beberapa tahun (atau bulan ya) yang lalu ada kasus mahasiswa bunuh diri. Dan baru-baru ini, surat terakhir dia di expose ke berita. Isinya begini klo d translate. "Andai aja ada paling nggak satu orang yang berbuat baik sama saya hari ini. Mungkin saya gak akan bunuh diri." Guru saya nambahin klo satu orang aja buat baik, itu orang bisa nyelametin nyawa seseorang.

Satu lagi guru saya ngasi contoh lewat film Pay It Forward. Kebetulan itu film ada di tv sabtu kemarin. Jadinya saya bisa nonton dah.

WARNING *klo yang pengen nonton film ini jangan terusin baca. ntar gak seru lagi critanya*

jadi critanya begini. Anak SD umur 11 taun, d kasi tugas sama gurunya. Tugasnya itu adalah, bikin cerita tentang "How can you change the world?" Ada satu anak yang usul tentang konsep Pay It Forward. Jadi, dia akan berbuat baik sama 5 orang, tapi harus hal besar. Sesuatu yang gak bisa d lakuin sendiri sama orang itu. Lalu, abis bantu 5 orang itu, tu anak kecil pengen kebaikannya itu di bales k 5 orang lain. Jadi bukan Pay it back, tapi Pay it forward. Dalam skala kecil emang gak kliatan, tapi mungkin lama-kelamaan, klo semuanya ngebayar "hutang"nya, itu jelas can change the world. Lalu d critain banyak kejadian yang ngerubah nasib orang karena ide Pay it forward anak ini. Ada satu kebaikan yang mana ni anak kecil nolongin anak kecil lain yang lagi di isengin parah sama senior-seniornya. Di akhir cerita, senior-senior ini, ngebunuh si anak kecil "pay it forward" ini. Dan yang paling bikin terharu, pas terakhir, ada ratusan orang yang kena efek pay it forward ini dateng ke rumah keluarga anak kecil ini. Untuk turut berduka cita.

Such a good movie

No comments: